Tak lama lagi Windows 10 dalam waktu dekat akan merilis versi previewnya untuk smartphone Windows Phone 8, namun semua spekulasi yang saya punya sudah berubah setelah Microsoft menyatakan bahwa Windows 10 merupakan versi terakhir dari seluruh versi Windows. ini bisa saja terjadi karena Microsoft ingin mengikuti jejak para pesaingnya atau pengguna memang sudah mulai bosan dengan model bisnis seperti ini ?.

Jawabannya hanya terdapat pada diri kalian namun saat ini saya akan berbagi atau sedikit sharring tentang pemikiran saya Jika Windows 10 adalah versi terakhir dari semua sistem operasi Windows baik versi Desktop maupun Smartphone.

Microsoft akan menjual Windows dengan sistem subscription

Kemungkinan terbesar yang ada di pikiran saya adalah Microsoft akan menjual Windows dengan sistem subscription, dengan model penjualan seperti ini Microsoft akan meraup keuntungan yang lebih. sebelumnya Microsoft juga pernah merilis produk dengan sistem subscription dengan nama Office 365.

Office 365 merupakan salah satu produk keluarga Microsoft Office yang merupakan produk versi murah dari Microsoft Office 2013, keuntungan Office 365 sendiri adalah sangat cocok untuk digunakan oleh kalangan pekerja yang perusahaannya menggunakan layanan cloud untuk menyelesaikan pekerjaan. Office 365 juga cocok untuk kalangan pelajar karena setiap satu DVD Office 365 dihargai 700rb /tahunnya sehingga tidak perlu lagi membeli license Microsoft Office 2013 dengan harga yang cukup mahal.

Versi terbaru Windows akan diganti dengan nomor build

Kemungkinan kedua jika Windows 10 adalah versi terakhir adalah versi terbaru Windows akan diganti dengan nomor build yang mungkin tidak semua orang kenal atau mengetahui tentang nomor build. Nomor Build sendiri merupakan urutan nomor dari Windows versi lama seperti contohnya Windows 3.1 sampai Windows 10 Preview yang kita kenal.

Jadi jika kalian melakukan Upgrade ke Windows 10 mungkin saya dapat memastikan bahwa versi terbaru dari Windows akan diganti dengan nomor build.

Pengguna yang tidak melakukan update akan kesusahan

Kemungkinan ketiga jika Windows 10 adalah versi terakhir adalah pengguna akan merasa kesusahan jika tidak selalu melakukan update pada versi Windowsnya. beda seperti versi Windows terdahulunya, jika pada setiap versinya Windows memiliki perubahan yang mencolok maka pada versi terbarunya yaitu Windows 10 maka kemungkinan membandingkan antara update terbaru dengan update lama akan susah.

Bahkan jika terdapat update besar yang secara tidak sengaja mengubah semua tampilan interface dari Windows 10 maka karena Windows 10 adalah versi terakhir maka namanya pun tidak akan berubah, yang berubah hanyalah nomor build bukan nama dari windows itu sendiri.

Driver akan lebih compatible dengan Windows

Kemungkinan keempat jika Windows 10 adalah versi terakhir adalah pengguna tidak akan merasa kesulitan dalam menginstall driver karena jika driver tersebut compatible dengan Windows 10 maka saat itu juga Driver tersebut akan compatible selama-lamanya. ini mungkin menjadi keuntungan yang besar bagi vendor pembuat VGA karena mereka hanya perlu membuat dan mengupdate saja.

Software dan aplikasi Windows akan lebih banyak lagi

Kemungkinan kelima jika Windows 10 adalah versi terakhir adalah developer akan dengan mudah membuat software dan aplikasi windows dengan skala yang cukup banyak. ini terjadi karena source code yang ada di Windows 10 akan selalu sama dan mungkin hanya akan diupdate jika ada kerusakan seperti bug yang mungkin akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang bertindak negatif.

Developer Software dan Aplikasi juga hanya perlu mengupdate fiturnya saja karena ruang lingkup dari sistem operasinya tidak akan berubah selagi tidak adanya update besar yang mungkin saja hadir di versi Windows 10 selanjutnya.

Tidak memerlukan hardware dengan harga mahal

Kemungkinan keenam atau yang terakhir menurut saya jika Windows 10 adalah versi terakhir adalah pengguna akan merasa nyaman dengan hardware lamanya jika telah support dengan Windows 10, ini memang secara tidak langsung terjadi pada pengguna. namun jika terdapat kebutuhan yang sangat berat maka pengguna juga cukup melakukan upgrade agar sesuai dengan kebutuhan dan diseimbangkan dengan Windows 10.

Namun dengan seiringnya perkembangan pasti ada saja yang mulai tidak disupport oleh Windows 10. jadi ketahuilah terlebih dahulu sistem persyaratan minimum penggunaan Windows 10 sebelum melakukan upgrade windows ataupun upgrade hardware, karena kemungkinan sistem persyaratan minimum tersebut akan selalu sama jika tidak ada update besar yang datang di Windows 10.