di Indonesia hampir seluruh kalangan masyarakat dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua sudah tidak asing lagi dengan Smartphone, namun mereka tidak begitu mengenal istilah smartphone yang mereka kenal hanyalah hp android. tapi tunggu dulu tidak semua smartphone itu menggunakan OS Android ada juga yang menggunakan iPhone buatan Apple dan ada juga Windows Phone buatan Microsoft.

di Indonesia sendiri khususnya kalangan pekerja yang gajinya rata-rata sekitar 2 juta ataupun dibawah 5 juta, iPhone adalah salah satu merk HP yang sangat mahal meskipun versi murahnya juga sudah beredar seperti iPhone 4S.

Lalu bagaimana dengan Windows Phone ?, Windows Phone sendiri sering disebut dengan HP Lumia atau ada juga yang mengatakan HP Nokia. tapi penamaan tersebut memang tidak ada masalahnya karena memang seperti itulah namanya atau menyebutkan vendor si pembuat Windows Phone.

Tidak cocok untuk smartphone gaya-gayaan

Berdasarkan pengalaman saya setelah membeli pertama kali smartphone Windows Phone Lumia seri 535, menurut saya Windows Phone sangat tidak cocok digunakan untuk gaya-gayaan. Windows Phone sendiri sangat cenderung mengarah ke aplikasi perkantoran dan photography, karena dari interface dan teknologi pure view Windows Phone memiliki kelebihan tersendiri di mata penggunanya.

Selain itu Windows Phone juga didesign agar dapat menyesuaikan pengaturan dan kebiasaan penggunanya lewat teknologi Cortana. Cortana yang merupakan salah satu fitur Windows phone yang sangat berguna untuk menjalankan perintah dengan menggunakan suara.

Cortana merupakan salah satu asisten pribadi, menurut Microsoft Cortana akan terus melakukan penyesuaian dengan perintah yang sering dikirimkan oleh penggunanya.

Aplikasinya tidak lengkap

Namun dalam masalah aplikasi Windows Phone mungkin agak sedikit mengalah, pasalnya tidak semua Aplikasi Android atau Aplikasi iOS ada di Windows Phone, meskipun ada akan tetapi bukan creator aslinya yang membuat aplikasi itu.

Selain tidak lengkap Aplikasi pada Windows Phone juga tidak begitu stabil dijalankan, meskipun ada beberapa yang berhasil namun ada juga yang masih seperti itu. namun semua itu tergantung dari specs smartphone itu sendiri, apakah smartphone tersebut bisa melakukan dengan lancar atau tidak ?.

Susah untuk di kustomisasi

Jika pada OS Android dan iOS tampilan interfacenya dapat dikustomisasi atau diubah dengan mudah, maka pada Windows Phone kalian tidak akan bisa bahkan sangat susah untuk mengubah atau mengkustomisasi tampilannya. Meskipun bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, akan tetapi itu hanya tilesnya saja yang dapat disesuaikan.

Harga Mahal

Selain itu harga Windows Phone juga dianggap lebih mahal dari smartphone OS lainnya, specs yang diberikan juga tidak begitu update dari smartphone lainnya. akan tetapi pada akhir tahun 2014 Microsoft akhirnya telah mengeluarkan Lumia 535 yang merupakan Windows Phone versi murah yang memiliki specs tinggi dengan harga murah akan tetapi ada juga masalah permanen yang mungkin harus ditangani Microsoft.

Hal ini juga membuat para pemilik Windows Phone keluaran Nokia agar iri dengan spesifikasi yang ditawarkan pada Lumia 535, belum lagi Microsoft juga merilis Lumia 435 dan 532 sebagau pesaing Lumia 535 dalam smartphone Windows Phone kelas bawah.

Catatan :

Artikel ini dibuat berdasarkan beberapa respon dari teman-teman saya, jadi jika kalian keberatan maka saya meminta maaf untuk sebesar-besarnya karena artikel ini dibuat hanya untuk mensurvey dan bukan untuk merendahkan produk Microsoft.