Windows Technical Preview merupakan salah satu versi Windows 10 yang digunakan untuk percobaan atau peninjauan atas pengembangan yang baru saja dirilis, Windows Technical Preview juga hadir dalam versi yang berbda-beda tergantung dari nomor buildnya.

Build 9901 diyakini sebagai versi pengembangan terakhir untuk Windows 10 pada Technical Preview tahun ini dan kabar gembiranya adalah Windows 10 Consumer Preview akan dirilis pada semua device yang dapat mensupport OS Microsoft seperti Windows Phone, Microsoft Surface, Windows 8 dan Windows RT.

Bagaimana nasib pengguna Windows Phone ?

pengguna Windows Phone yang menjalan sistem operasi Windows Phone 8.1 Update atau Lumia Denim juga akan kebagian secara gratis upgrade ke Windows 10 dengan menggunakan Aplikasi Phone Insider ataupun menunggu versi penuhnya dirilis, tampaknya Microsoft juga tidak ingin jatuh ke masalah yang sama karena pada sejak awal dirilisnya Windows Phone 8, pengguna Windows Phone 7 tidak dapat mengupgrade sistem operasi smartphonenya ke Windows Phone 8.

Apakah semua sistem operasi dapat melakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis ?.

Tidak seperti Windows Phone, Windows 8.1 juga pernah memberlakukan upgrade gratis kepada seluruh pengguna Windows 8 dengan syarat Windows 8 yang digunakan asli dan harus di download melalui Windows Store. Namun beda halnya dengan Windows 10, Windows 10 sendiri menggunakan konsep interface yang 70% berbeda dari Windows 8x dan bukan hanya start button saja yang muncul saat perilisan Windows 8.1 tapi start menu juga dikembalikan seperti semula dengan pembaruan yang sangat lebih modern dari sebelumnya.

Ada berbagai sumber mengatakan bahwa Windows 10 dapat menggratiskan penggunanya untuk mengupgrade dari Windows 7 ke Windows 10 dan ada juga yang mengatakan dapat mengupgrade gratis dari Windows 8x ke Windows 10. Semua itu tergantung dari Microsoft selaku pemilik sistem operasi jadi kalian bisa berharap agar nantinya OS ini akan digratiskan untuk pengguna Windows 7 atau Windows 8 yang pastinya memiliki license yang aktif dan valid, namun jika Microsoft berkehendak lain maka kalian juga disarankan untuk bersabar.

Windows Technical Preview dan Windows Consumer Preview bukan versi full dari Windows 10 ?

Banyak sekali kata-kata pengguna Windows Technical Preview mengatakan bahwa OS yang digunakannya adalah Windows 10 Full, mungkin ini terjadi pada segelintir orang awam yang masih terjun kedalam dunia komputer ataupun orang yang hanya mencari sensasi yang luar biasa dan dapat menyebabkan tidak mengetahui informasi yang sebenarnya.

Sampai saat ini (01/17/2015) Windows Technical Preview bukanlah Windows 10 versi penuh yang siap diedarkan ke pasaran, Windows Technical Preview di design untuk para developer yang mau berpartisipasi dalam membangun Windows 10 dengan baik. sehingga pada saat perilisan OS ini seluruh pengguna tidak akan lagi merasa kekurangan dengan fitur-fitur yang dihadirkan pada Windows 10.

Artikel ini dibuat berdasarkan informasi yang diterima dari beberapa sumber, sumber-sumber tersebut mengatakan bahwa kejelasan informasi ini belum di konfirmasi secara utuh oleh Microsoft jadi artikel ini hanya dibuat untuk sumber referensi.