Multitasking atau jika kita terjemahkan ke bahasa indonesia adalah dua tugas atau lebih dari satu tugas yang biasa dikerjakan secara berdampingan, istilah multitasking biasanya sering ditemui pada komputer ataupun seseorang yang membuat atau memiliki bisnis startup.

Namun terkadang banyak orang yang masih belum mengetahui apa multitasking sebenarnya dan biasanya jika orang sudah terlanjur melakukan multitasking tetapi otak tidak bisa menampung sesuatu hal yang mungkin dianggap baru akan bisa menjadi gampang stress, jadi disini saya akan berbagi tips bagaimana cara melatih diri agar bisa melakukan multitasking dan pastinya tidak membuat diri anda stress.

1. Pilih pekerjaan yang berhubungan

Tidak semua pekerjaan saling berhubungan antara satu dengan lainnya pasti ada saja pekerjaan yang tidak bisa dihubungkan akan tetapi ada juga pekerjaan yang bisa dihubungkan tapi tidak mencakup semua isi dari pekerjaan tersebut, jika kalian pekerja multitasking atau ingin menjadi seseorang yang bisa melakukan multitasking sebaiknya pilih pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan lainnya dan lebih bagus lagi hobi yang kalian punya bisa berhubungan dengan dua pekerjaan yang kalian pilih.

2. Manfaatkan waktu

Pada setiap pekerjaan pasti terdapat waktu luang untuk beristirahat atau waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan semua tugas, nah pada multitasking waktu tidak bisa dipermainkan jika kalian fokus ke pekerjaan A maka fokuslah ke pekerjaan A tidak boleh fokus ke pekerjaan B karena itu hanya membuat pekerjaan A akan hancur jika tidak fokus.

3. Prioritaskan pekerjaan yang penting atau tidak

Dalam setiap pekerjaan pasti ada saja pekerjaan yang tidak terlalu penting namun bagaimana jika pekerjaan itu sangat penting apalagi deadlinenya adalah besok nah itu akan membuat kalian lebih frustasi jika mementingkan pekerjaan yang seharusnya selesai 1 minggu. jadi sebelum kalian menerima atau membuat suatu pekerjaan sebaiknya kalian harus pintar-pintar berpikir apakah pekerjaan ini penting atau tidak, jika pekerjaan tersebut penting maka dahulukanlah namun jika pekerjaan itu tidak begitu penting maka kalian bisa mengerjakannya belakangan dengan catatan tertentu.

4. Beri sedikit waktu istirahat

Multitasking memang sangat mementingkan waktu namun berilah sedikit waktu istirahat untuk berhenti berpikir karena tidak semua orang bisa melakukan multitasking dengan cara terus menerus tanpa henti.

Jadi intinya adalah manfaatkan waktu yang kosong untuk sesuatu yang berguna atau bisa juga digunakan untuk istirahat yang nantinya akan mengurangi beban kita saat mengerjakan suatu pekerjaan. selain itu pekerjaan yang tepat juga membuat diri kita seperti dipermudah saat mengerjakan suatu pekerjaan.