Aktivitas duduk dikursi mungkin sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk beristirahat sejenak dan ada juga beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan cara duduk manis di kursi contohnya pegawai kantoran, kasir, designer, programmer dan lain-lain atau untuk sekedar hiburan seperti bermain game online, bermain game console, menggambar dan lainnya.

Namun kegiatan tersebut memang ada manfaat tersendiri untuk yang melakukannya, namun bagaimana itu dilakukan secara berlebihan otomatis kita akan duduk sangat lama bahkan bisa sampai setengah hari untuk mengerjakan pekerjaan atau hanya sekedar mencari hiburan, itu akan hanya membuat badan kita menjadi seperti tidak sehat bahkan bisa terkena kelumpuhan jika sudah terkena penyakit.

Penelitian kesehatan telah membuktikan bahwa terlalu lama banyak duduk dapat meningkatkan risiko diabetes, kanker jenis tertentu, dan penyakit jantung, demikian seperti dilansir Theconversation, Senin (1/9/2014). contoh kasusnya seperti Chen Rong-yu, 23 tahun, yang ditemukan tewas setelah bermain game online selama beberapa jam. Saat ditemukan jenazah sudah dalam kondisi kaku duduk di atas kursi sembari memegang mouse dan keyboard di sebuah warnet di China.

Akibat terlalu lama duduk

Akibat terlalu lama duduk tidak hanya dirasakan oleh pengguna komputer tapi itu bisa dirasakan oleh pekerja kantoran meskipun mereka tidak menggunakan komputer namun ada beberapa resiko jika terlalu lama duduk diantaranya

Menyebabkan Obseitas
Tidak banyak gerak, berlama-lama duduk, menurut sejumlah pakar gizi dapat menyebabkan obesitas, atau kerap disebut dengan penyakit kegemukan.  Dalam beberapa jurnal kesehatan, disebutkan bahwa duduklah dengan porsi yang cukup, yakni maksimal 1,5 jam dan kemudian diselingi dengan waktu berdiri atau bergerak yang agak lama.

Menyebabkan resiko penyakit Jantung
Temuan mengejutkan terjadi di negara Australia. Disebutkan dalam suatu keterangan, sekitar 46% orang yang banyak duduk dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung, dan umunya di derita oleh orang yang sehari-hari hanya duduk diam menonton tv atau di depan komputer.

Menyebabkan Resiko Kanker

Studi kesehatan di benua Eropa menyebutkan bahwa risiko kanker dipicu oleh salah satu faktor banyak duduk

Mengurangi  Umur
Beberapa  studi, dan fakta di bidang kesehatan menyebutkan bahwa banyak duduk dapat menyebabkan risko kematian. Salah satu bukti nyata, adalah kasus salah satu pemain game online di negara Korea Selatan yang meninggal gara-gara terlalu banyak duduk di depan komputer nya selama berhari-hari karena bermain game.

Menyebabkan Stres
Kebanyakan duduk mengerjakan suatu pekerjaan dan aktivitas tanpa perenggangan otot dan badan mengakibatkan beban ke otak semakin berlebihan. Hal ini menjadi salah satu unsur pemicu stres.

Cara menimalisir duduk dalam jangka waktu lama

Untuk mengobati memang membutuhkan waktu yang agak lama namun ada cara untuk menimalisir agar kita tidak duduk dalam jangka waktu yang agak lama.

Berjalan Sejenak

Bila Anda telah duduk kurang lebih selama 1 jam, maka sebaiknya Anda bangun dan berjalan-jalan santai sambil melihat-lihat kondisi di sekitar Anda. Lakukan selama 20-30 detik. Hal ini berguna untuk melemaskan otot-otot yang mulai kaku.

Berbaring Sejenak

Bila ada waktu luang yang memungkinkan Anda untuk beristirahat lebih lama, cobalah untuk membaringkan tubuh atau sekedar menyandarkan punggung Anda sejenak. Hal ini berguna untuk merilekskan otot-otot yang kaku akibat duduk terlalu lama.

Konsumsi Air Putih

Hampir sebagian besar orang mengabaikan poin yang satu ini. Namun jangan salah, sebaliknya poin yang satu ini tentulah sangat penting bagi semua orang. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu melumasi tulang dan sendi Anda.

Bagaimana jika sudah terlanjur terkena penyakit ?

Jika anda sudah terlanjur terkena penyakit akibat duduk terlalu lama sebenarnya ada beberapa cara untuk menyembuhkan diantaranya.

Usahakan posisi duduk anda harus benar

Posisi duduk Anda juga akan mempengaruhi kesehatan Anda. Sebab bila posisi duduk Anda salah maka akan mempercepat timbulnya penyakit pada tulang belakang yang apabila tidak ditangani sedini mungkin efek sampingnya baru akan terasa di masa mendatang.

Berikut posisi duduk yang benar.
  • Pastikan posisi lutut lebih tinggi dari pinggul
  • Biasakan kaki Anda berpijak pada palang kayu yang ada di bawah meja. Hindari menyilangkan kaki
  • Pastikan tempat duduk Anda dekat dengan meja tempat Anda bekerja agar otot lebih rileks.
  • Regangkan sesekali lengan dan siku Anda sehingga bahu akan terasa lebih rileks.
  • Saat Anda akan hendak mengambil barang dalam posisi duduk, janganlah dengan cara memelintir punggung. Tetapi dengan cara putarkan seluruh tubuh Anda untuk meraihnya.

Konsumsi Jus Buah

Selain air putih, jus buah juga termasuk penting untuk dikonsumsi secara rutin. Terutama bagi Anda yang bekerja seharian di depan layar komputer. Tentu mata akan menjadi lelah bila berada di depan layar komputer terlalu lama. Maka rutinlah mengkonsumsi jus buah seperti papaya, tomat dan buah lainnya yang kaya akan vitamian A dan C yang dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.