Masih mengenai bulan pergantian tahun, kemarin kita sudah mencoba untuk menghadiahi ibu kita dalam memeriahkan hari ibu dan kemarin lusa sudah memberikan daftar Cloud VPS Lokal untuk dipakai pada tahun depan. sekarang kita akan mereview dua produk yang sangat digembor - gembor oleh salah satu provider internet kita karena teknologi 4G LTE, tidak lain kalau bukan smartfren.

Bagi kamu yang baru gajian hari ini atau gajiannya besok lalu berencana untuk membeli sebuah perangkat modem, kini sudah saatnya kita untuk menggunakan jaringan 4G yang sudah disediakan oleh beberapa provider seperti punya smartfren.

Bulan ini smartfren mengeluarkan promo yang menarik untuk kita ikuti yang tidak lain adalah promo diskon modem 4G LTE Andromax seri M, kenapa saya sebut seri M karena smartfren mengeluarkan nama modem yang huruf depannya adalah M seperti Andromax M2P, Andromax M2Y, dan terakhir Andromax M2S.

Perkenalkan Andromax M2Y dan M2S

[caption id="attachment_4179" align="alignnone" width="640"]Andromax M2S & M2Y Andromax M2S & M2Y[/caption]

Andromax M2Y adalah salah satu modem yang dikeluarkan oleh smartfren pada pertengahan tahun 2015 ini, perangkat ini adalah generasi pertama modem 4G Smartfren yang menggunakan teknologi 4G LTE ADVANCED.

Sedangkan yang baru lahir Andromax M2S adalah salah satu modem yang pernah pertama kali saya dengar dirakit oleh LG, biasanya smartfren membuat modem dengan beberapa brand yang sudah tidak asing seperti haier dan huawei, namun kali ini saya sempat kaget karena mungkin ini kali pertama LG membuat modem MiFi.

Untuk masalah harga tenang saja bro karena seluruh Modem MiFi milik smartfren saat ini di diskon 100rb atau dijual dengan harga 300rb, dalam paket bundling tersebut kamu akan mendapatkan :

  1. 1 Device MiFi
  2. Charger dan Kabelnya
  3. Baterai
  4. Surat Garansi
  5. Buku Panduan
  6. 4,5 GB Bonus Data (Paket Utama & Internet Malam)

Apa yang berbeda dari paket bundling diatas, yang berbeda menurut saya ada dua yaitu spesifikasinya meskipun beda tipis dan boxnya milik Andromax M2S yang terlihat besar dari pendahulunya.

Spesifikasi Hardware

Andromax M2Y

  • Dapat dikoneksikan dengan Tablet, PC, Smartphone dan perangkat WiFi lainnya
  • Mendukung WiFi 2.4 GHz
  • Mendukung sampai dengan 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
  • Medukung Mobile WiFi App untuk penyetelan lebih ringkas
  • Fungsi Wireless Storage, berbagi musik, video dan file lainnya melalui koneksi WiFi
  • MicroSD slot, support up to 32 GB
  • Baterai 2000mAh (Maksimum 10 jam waktu kerja LTE dan 350 jam waktu siaga)

Andromax M2S

  • Mobile Wi-Fi LTE cat4
  • Chipset Qualcomm MDM 9320
  • Dapat dikoneksikan dengan Tablet, PC, Smartphone dan perangkat Wi-Fi lainnya
  • Mendukung Wi-Fi 2.4 GHz
  • Mendukung sampai dengan 15 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
  • Mendukung Mobile Wi-Fi App untuk penyetelan lebih ringkas, Mylink M2S yang dapat diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store
  • Baterai 2000mAh (Maksimum 10 jam waktu kerja LTE dan 300 jam waktu siaga)**

Dari kedua perangkat MiFi super murah ini ternyata memiliki perbedaan yang sangat mencolok dan sudah pasti sangat tipis yaitu diantaranya :

  1. Andromax M2S sudah menggunakan Chipset Qualcomm MDM 9320 yang katanya bisa menstabilkan koneksi internet yang didapat oleh pengguna, sedangkan Andromax M2Y masih tidak diketahui apakah dia menggunakan chipset yang sejenis atau tidak.
  2. Dukungan jumlah pengguna pada Andromax M2Y sangat banyak dibandingkan Andromax M2S yang hanya bisa digunakan oleh 15 pengguna dalam waktu yang bersamaan.
  3. Ketersediaan MicroSD Slot yang berguna untuk membuat Cloud Storage pada jaringan MiFi, Andromax M2Y memiliki fitur tersebut dan Andromax M2S tidak menyediakan opsi MicroSD.

Selain 3 perbedaan tersebut seharusnya tidak ada lagi perbedaan yang mencolok kecuali brand dari kedua perangkat tersebut yang berbeda, namun apakah Chipset Qualcomm MDM 9320 ini bisa memperbaik koneksi ?.

Jawabannya adalah tidak karena frekuensi yang disupport masih sama dan tidak ada perbedaan jika dilakukan pengujian kecepatan internet, mungkin chipset ini berfungsi untuk memperkuat sinyal yang di dapat dari BTS karena dari kedua perangkat tersebut ada perbedaan jumlah sinyal bar yang didapat.

Kesimpulan

Di akhir artikel ini saya mungkin sangat menyarankan anda untuk menggunakan Andromax M2S jika hanya digunakan oleh seorang diri seperti saya ini yang forever alone :v, tapi jika kamu menggunakan modem ini sebagai usaha kecil - kecilan saya sarankan untuk menggunakan Andromax M2Y karena perangkat tersebut sudah mensupport fitur Cloud Storage yang memungkinkan kamu untuk memutar musik lewat WiFi.

Untuk uji coba kecepatan internet mungkin tidak saya lampirkan karena hasilnya sama seperti Review sebelumnya pada Andromax M2P, nah jika kamu penasaran dengan kecepatan internetnya kamu bisa membuka artikelnya di link yang tersedia pada artikel ini.