Setelah saya membuat sebuah artikel mengenai review Windroid 7G ini, salah satu teman saya bertanya bagaimana sih mengupgrade Axioo Windroid 7G ke Windows 10 tanpa adanya kerusakan yang cukup serius setelah kita selesai melakukan upgrade ?.

Seperti yang saya ketahui Windroid 7G sebenarnya bisa diupgrade ke Windows 10 dengan cara yang mungkin lebih sulit daripada mengupgrade OS Android karena spacenya yang begitu kecil dan membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan Upgrade

1. Bersihkan file system yang tidak digunakan pada disk cleanup

Untuk memperlancar proses instalasi Windows 10 yang cukup menguras memori penyimpanan utama pada Windroid, Microsoft sudah menyediakan tool Disk Cleanup yang berguna untuk menghapus data-data file system yang tidak digunakan lagi. contohnya seperti Windows Update, Log Error, Internet Files, dan lain sebagainya.

Kalian dapat membersihkan file system tersebut menggunakan aplikasi pihak ketiga atau langsung dengan disk cleanup dengan cara :

  1. Klik kanan pada drive instalasi Windows, lalu pilih menu properties.
  2. Setelah muncul window baru, klik tombol disk cleanup.
  3. Tunggu beberapa saat lalu jika telah selesai pilih Clean Up System Files jika terdapat file system yang tidak digunakan masih berdiam di penyimpanan.
  4. Centang beberapa item yang ingin dihapus dan harap diingat ini akan berpengaruh jadi gunakan cara ini untuk persiapan upgrade bukan mengosongkan partisi agar lebih banyak ruang kosong yang tersedia.
  5. Setelah selesai klik OK dan tunggu hingga proses selesai.

2. Backup seluruh data dengan media penyimpanan external atau lainnya

Setelah kalian menghapus seluruh file system yang tidak digunakan, ada gunanya jika kamu membackup seluruh data penting ke media penyimpanan external atau media penyimpanan cloud seperti One Drive.

Dengan ini kalian bisa menghemat banyak memori penyimpanan hingga 40% tergantung dari banyaknya data yang tersimpan di Windroid kamu.

3. Pasang SD Card untuk menyimpan file recovery

Karena lebar media penyimpanan Axioo Windroid seri apa saja sangat sedikit bahkan tidak mampu untuk menghandle dua OS sekaligus dalam satu waktu, maka gunakan SD Card dengan kelas yang tinggi dan ukuran yang besar.

Sehingga jika kalian melakukan proses instalasi maka Windows anda akan aman-aman saja dan prosesnya lebih cepat jika menggunakan kelas memori yang sudah tinggi.

Proses Upgrade

Setelah kamu selesai melakukan proses persiapan untuk Upgrade maka kamu bisa lanjut ke proses upgrade yang sesungguhnya dan cukup memakan waktu yang banyak, waktu upgrade yang saya lakukan cukup lama yaitu diantara 2 - 3 jam. banyak faktor yang menyebabkan hal ini, terlebih karena RAM yang 1GB maka saya maklumi ini terjadi.

Disini kalian hanya bisa mengupgrade dengan dua metode yaitu menggunakan Media Creation Tool dan dari Windows Update.

Windows Update

Jika kamu menggunakan opsi ini mungkin reaksi pertama yang akan kamu temukan adalah kelamaan nunggu muncul notifikasinya dibanding menggunakan Media Creation Tool, kelebihan menggunakan cara ini yaitu kalian tidak kesusahan saat mengupgrade Windows 8.1 With Bing ke Windows 10 Home dan kekurangannya hanyalah masalah waktu.

Windows Media Creation Tool

Menggunakan tool ini sama seperti mendownload ISO dari server Microsoft langsung, yang membedannya hanyalah ini lebih aman daripada download ISO di tempat lain. Keuntungan menggunakan Windows Media Creation Tool adalah cepat mendapatkan update dan mendapat ISO yang tepat, kekurangannya cukup banyak diantaranya memakan space penyimpanan yang banyak, internet yang harus stabil, dan lain sebagainya.

Lalu jika menggunakan Windows Media Creation Tool anda wajib menggunakan SD Card untuk membuat backup recovery jika sewaktu - waktu ingin rollback dari Windows 10 ke Windows 8.1, ini bukanlah masalah tapi memang sudah darisananya begitu jadi ini adalah keuntungan untuk pengguna Windroid yang menggunakan cara ini untuk upgrade ke Windows 10.

Selesai Upgrade

Jika proses upgrade telah berjalan lancar, pastikan hapus seluruh data temporary instalasi Windows 10 yang tertanam di memori internal kalian. kalian bisa menggunakan disk cleanup untuk masalah ini, namun seperti yang saya beri tahu pada poin sebelumnya penggunaan disk cleanup akan mempengaruhi fitur yang ada di Windows jadi bijaklah saat menggunakan Disk Cleanup.