Siapa bilang tablet buatan anak negeri kita itu jelek dibanding tablet yang dibuat oleh tangan orang asing seperti Asus ataupun Xiaomi atau Lumia punya saya :v, Axioo mulai membuat gebrakan yang tidak biasa ditahun - tahun sebelumnya melalui tablet yang memiliki performa yang sebanding dengan tablet seharga 2 juta dengan biaya yang tidak lebih dari 2 juta.

Axioo Windroid merupakan tablet buatan perusahaan lokal yang membawa spesifikasi yang tinggi dan tak tanggung - tanggung tablet ini anti mainstream karena membuat Dua OS dalam satu Device, hal ini sangat jarang terlihat di device lainnya dan dengan harga 1.7 jt (aslinya Rp. 1.699.999) anda dapat merasakan pengalaman yang luar biasa.

Device ini datang dengan slogan yang cukup unik yaitu 100% Compatible for Windows and 200% Performance for Android. mereka juga mengklaim kalau tabletnya bisa mengalahkan Galaxy Tab 4 akan tetapi rasanya kurang kalau kita tidak mengetahui hasil benchmark namun nanti kita bahas di poin selanjutnya.

Windroid ini sebenarnya datang dengan beberapa varian diantaranya versi Windroid 7, Windroid 7G, Windroid 8G, Windroid 9G, dan terakhir katanya dikabarkan akan merilis varian baru dengan nama Windroid 9G+ (Plus). Beberapa varian tersebut datang dengan perbedaan spesifikasi pada luas layar, port yang disediakan, kapasitas baterai, Keyboard fisik yang digunakan, serta bodynya yang mirip seperti tablet sampai mirip seperti Notebook Hybrid.

Menurut saya itu adalah hal yang biasa dan untuk saya ada beberapa yang tidak dibutuhkan jadi disinilah kenapa saya memilih Windroid 7G, disamping karena saya tidak pernah menggunakan Port HDMI dan sering menggunakan USB OTG padahal pada varian 8G keatas disediakan USB Port. untuk hasil review mungkin hasilnya akan sama dan tidak ada bedanya dengan varian lainnya, namun yang berbeda hanyalah poin diatas yang tadi saya sebutkan.

Hadir dengan Cover yang biasa saja

Nah pada seri Windroid 7G cover yang saya rasakan adalah biasa atau istilahnya mirip seperti Tablet seharga 2 juta kebawah, mungkin ini untuk menekan biaya produksinya karena hardware lainnya agak mahal. namun jika kalian merasakannya Cover Windroid 7G ini seperti menggunakan karet dan jika anda tidak sengaja melepaskan stiker yang tertempel di covernya mungkin untuk menghilangkan bekasnya sangat susah.

Kekurangan dari covernya adalah desainnya yang sama seperti tablet seharga 2 juta kebawah, namun untuk kelebihannya anda bisa merasakan sendiri setelah memegangnya yaitu dengan rasa teksture yang tidak terlalu kasar dan tidak terlalu licin jadi biasa aja.

Datang dengan Processor Intel Bay Trail

Jika anda mengira bahwa tablet 1.7 jt ini datang dengan processor yang biasa saja, mungkin untuk tablet Axioo Windroid mereka menawarkan processor yang tidak biasa bahkan tergolong baru Intel® Atom™ Processor Z3735G yang memiliki kecepatan sampai 1.83 Ghz dengan Cache 2M.

Processor ini sudah mensupport arsitektur 64-bit dengan penggunaan daya yang sedikit atau kecil dari Processor yang tidak masuk dalam seri Bay Trail, seperti yang saya ketahui processor Intel seri Bay Trail adalah processor yang berukuran lebih kecil dari seri sebelumnya dengan menggunakan daya yang sangat sedikit dan cocok digunakan untuk device mobile seperti Axioo Windroid ini.

Nah jika kita hitung lagi processor ini sudah benar-benar cukup Powerfull jika dijalankan pada sistem operasi Android yang menggunakan arsitektur 32-bit dengan versi 4.4.2 atau Android Kitkat, namun jika kalian menggunakan sistem operasi Windows maka anda dapat merasakan sensasi multi tasking yang luar biasa bahkan terasa seperti menggunakan RAM 2GB.

Tapi karena processor ini seri Bay Trail, Axioo mungkin tidak perlu menambahkan GPU karena sudah tersedia di dalam Processornya yang bernama Intel HD Graphic for BayTrail, pengalaman gaming mungkin akan terasa di Android namun untuk di Windows mungkin saya belum bisa merasakannya bahkan masih terkesan biasa saja.

Layar sudah menggunakan Panel IPS pada LCD

Dengan layar LCD dan memiliki luas hingga 7 Inch, Axioo Windroid juga menyematkan Panel IPS pada LCDnya agar pengalaman dalam melihat gambar menjadi lebih bagus dari sebelumnya. IPS merupakan teknologi panel pada LCD yang memungkinkan panel tersebut memiliki lebar dengan sudut penglihatan yang lebih baik dari pada panel konvensional. Jadi ketika dipandang atau dilihat dari sudut yang tidak biasa, tampilan layar tidak akan banyak berbeda saat dipandang dari sudut normal.

Harga Panel IPS ini hanya tersedia pada perangkat yang memiliki rentangan harga diatas satu juta, namun entah kenapa atau bagaimana ini terjadi Axioo menghadirkan layar dengan menggunakan Panel IPS tanpa adanya masalah yang berarti pada tablet tersebut.

Fitur ini sangat cocok bagi mereka yang bergelut dalam urusan graphic khususnya Designer yang senang mendesain sesuatu agar terlihat lebih cantik.

Keyboard yang terlalu kecil

Kelebihan Tablet Axioo Windroid adalah memiliki Keyboard yang sudah diletakkan didalam soft case tabletnya, tapi kekurangannya adalah ukuran tombol yang terlalu kecil bahkan saya sendiri sangat kesusahan menggunakannya. Namun untuk Windroid 9G mungkin kalian tidak perlu takut karena keyboardnya sudah nyaman digunakan dan sekelas netbook untuk ukuran tombol keyboard.

Namun ini masih mending daripada Advan Vanbook yang tidak menyediakan keyboard pada paket pembeliannya, meskipun begitu tetap saja keyboardnya tidak terlalu nyaman untuk digunakan mengetik dan keyboard tersebut hanya digunakan untuk sekedar mengedit dokumen.

Dibundle dengan Charger dan tidak diberikan earphone ?

Ada yang tidak menarik dengan paket pembelian Axioo Windroid 7G atau diseri - seri lainnya, untuk pembelian satu unit Axioo Windroid barang - barang sudah pasti di dapatkan adalah device windroid, charger, dan kitab - kitab lainnya yang sudah pasti tidak dibaca (buku panduan).

Lalu bagaimana dengan aksesoris lainnya seperti Earphone atau Anti Gores, untuk pembelian unit Windroid 7G tidak tahu yang lain saya hanya mendapatkan barang - barang tadi saya sebutkan dan menariknya kalian tidak perlu beli anti gores lagi karena sudah terpasang dari sananya.

Tapi sangat disayangkan anti goresnya gak sebagus yang kita kira dan mungkin bisa dibilang sebagai pelindung layar dari semprotan air atau apapun sisanya kalau udah tergores ya ada bekasnya, jadi buka anti gores namanya melainkan Screen Guard yang tidak tahan dengan goresan.

Upgradable to Windows 10

IMG_2649

Kabar baik juga melanda pengguna Axioo Windroid diantaranya yaitu Windroid bisa diupgrade ke Windows 10 secara gratis tanpa biaya sepeser pun (koneksi data tetap bayar), pengalaman paling baik akan kamu rasakan setelah mengupgrade OS Windows kamu ke Windows 10.

Karena Axioo Windroid varian apapun menggunakan OS Windows 8.1 With Bing (bukan Windows 8.1 Update 1) maka seluruh pengguna Windroid akan mendapatkan OS Windows 10 Home dan itu sudah sesuai dengan spesifikasi hardware yang dimiliki Axioo Windroid.

Untuk teknik upgrade kalian hanya cukup menggunakan Windows Update dengan cara mengupdate seluruh patch yang tertinggal lalu mengupgradenya ke Windows 10 atau menggunakan Windows Media Creation Tool, namun akan dibutuhkan SD Card sebesar 16GB atau selebihnya untuk keperluan backup.

Jangan lupa untuk menghapus file system Windows.old jika kalian sudah mantap di Windows 10 atau tidak mau kembali ke Windows 8.1 With Bing, namun jika kalian tidak betah tinggal di Windows 10 sangat disarankan untuk tidak menghapus file system Windows.old karena itu dapat menghapus data Windows 8.1 With Bing.

Hasil Benchmark Antutu

Dengan Processor yang ditawarkan Windroid 7G bisa meraih angka 30000an atau bisa dibilang bisa mengalahkan Galaxy Tab 4 yang di informasikan dari situs windroidnya, tapi sayangnya itu model lama dan mungkin gak bisa bersaing dengan Samsung Galaxy Note 4.

Tapi kita bisa bangga karena ini buatan dalam negeri jadi jika kalian bingung dan bimbang ini adalah skor yang bisa dibilang pantas untuk tablet kisaran dibawah 2 juta, karena jarang sekali tablet dibawah 2 juta bisa meraih angka 30000an kalau bukan karena teknologi Intel Bay Trail.

Yang paling membingungkan adalah skor Grafis 2D yang terbilang terbalik dengan skor Grafis 3D, menurut saya grafis 3D itu lebih berat dari grafis 2D namun kenapa skor yang paling tinggi Grafis 3D. ntahlah mungkin ada yang lebih mengerti tentang masalah ini.

Kesimpulan

Axioo mungkin sudah sadar kalau produksi device dalam negeri agak lesu, mungkin sekarang atau tahun ini axioo mulai bangkit dengan gebrakan yang tidak biasa dalam merilis device dengan dua OS sekaligus. Hardwarenya pun tidak tanggung-tanggung dan bisa digunakan untuk multitasking serta gaming tapi di Android bukan di Windows.

Jadi jika anda adalah orang multi talenta yang bergelut dalam pekerjaan kantoran di ekosistem Windows dan gaming sepuasnya di ekosistem Android, Windroid sangat cocok untuk pendamping kegiatan sehari - hari. tapi tunggu dulu jika baru beli ada yang rusak gimana ?, kalian hanya perlu ke IT Clinic atau Service Centre Axioo terdekat di daerah anda karena dari pengalaman saya sendiri baru seminggu keyboard sudah rusak saya disuruh untuk ke service centrenya.

Gak pake biaya tambahan apalagi bayar uang pelicin, cukup berikan kartu garansi lalu tunggu beberapa minggu sampai device anda kembali pulih dari penyakitnya.