Setiap hari smartphone yang kita gunakan pasti akan dicharge atau di isi ulang baterainya, namun terkadang itu sangat merepotkan jika kamu tidak berada dirumah atau tidak ada saluran listrik yang bisa digunakan untuk menancapkan charger ke stop kontak.

Lalu bagaimana jika kita sering sekali melakukan pengisian baterai pada smartphone kita, mungkin solusinya adalah menggunakan Power Bank atau bisa dibilang sebagai gardu berjalan.

Banyak pilihan Power Bank yang tersedia dipasaran bahkan terlalu banyaknya Power Bank dipasarkan konsumen cukup berhati - hati dalam membeli perangkat tersebut, kapasitas baterai sampai fitur - fitur pengaman dalam Power Bank menjadi hal yang dilihat saat pertama kali membeli Power Bank. namun adakan rekomendasi Power Bank yang memiliki kapasitas besar namun memiliki kualitas yang sangat luar biasa dan dapat bersaing dengan Power Bank yang beredar dipasaran.

Perkenalkan Asus ZenPower yang merupakan Power Bank keluaran Asus yang mempunyai beragam fitur dan pengaman yang membuat smartphone kamu tidak meledak :D, namun perlu diketahui Asus ZenPower memiliki dua varian yaitu Asus ZenPower dengan kapasitas 9600 mAh dan 10080 mAh, untuk urusan warna kalian bisa memilih banyak warna bahkan sampai kamu tidak bisa memilih saat membelinya.

[caption id="attachment_2146" align="alignnone" width="640"] Bungkus Pembelian di Erafone[/caption]

Disini saya mendapatkan ZenPower dengan kapasitas 9600 mAh yang saya beli dari Erafone Megastore dengan harga Rp. 220.000, bukan karena gak pengen lama - lama nunggu paket pembelian datang karena dibawa oleh kurir namun ini karena ada masalah penting :D

Apa yang didapat pada paket pembelian ?

[caption id="attachment_2145" align="alignnone" width="640"]Paket Pembelian ZenPower Paket Pembelian ZenPower[/caption]

Pada paket pembelian Asus ZenPower kalian akan mendapatkan beberapa barang diantaranya seperti :

  1. 1 Unit ZenPower
  2. 2 Buku Panduan (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)
  3. 1 Kartu Garansi
  4. 1 Kabel USB pipih

Menurut saya ini bukanlah hal yang asing saat membeli sebuah Power Bank namun jika kalian teliti ZenPower juga dilindungi oleh garansi selama 3 bulan, jadi jika terjadi kerusakan pada penggunaan normal dan bukan karena jatuh maka ZenPower bisa diperbaiki dengan kartu ajaib tersebut dan sudah dipastikan kamu tidak perlu lagi membayar apalagi memberikan uang rokok.

Cover Elegant dan Modern

Disini warna yang saya pilih adalah warna Gold, dari sisi desain warna yang ditampilkan tidak terlihat gold atau terlihat seperti warna putih jika dari jauh. namun jika terkena cahaya warna goldnya akan terlihat namun ini yang membuat ZenPower ini terlihat modern dan beda dari yang lain.

Dari sisi covernya ZenPower membawa material metal atau alumunium yang kokoh dan cukup rentan membuat lecet layar smartphone kalian jika sedang bergesekan, namun karena terbuat dari material alumunium panas yang dihasilkan oleh smartphone akan mengalir ke PowerBank jika ditempelkan namun jika tidak itu bukanlah masalah. ada satu masalah yang menjadi perhatian yang begitu serius yaitu pada bagian tepinya yang rawan sekali penyok, hal itu terjadi karena bagian cover dan plastik dari permukaan alas tidak sejajar tingginya meskipun hanya sebesar 1 mm.

Kapasitas baterai yang besar

Untuk masalah kapasitas baterai mungkin sudah dibilang cukup besar dan jika dipakai sekali baterai Power Bank tersebut belum habis, bahkan asus juga mengklain bahwa beberapa perangkat yang di charge menggunakan ZenPower akan bisa digunakan 2 sampai 4 kali tergantung dari kapasitas baterai smartphone yang dimiliki.

Ini bukan karena fitur-fiturnya namun karena kapasitasnya yang besar, Power Bank ini cocok jika digunakan pada saat perjalanan panjang dan saat melakukan camping. dengan harga 220rb kalian bisa mendapatkan pengalaman baik menggunakan smartphone tanpa takut kehabisan baterai.

Fast Charging

Asus tidak setengah - setengah membuat ZenPower dengan kualitas ala kadarnya, ZenPower hadir dengan besaran output sampai 2.4A bahkan smartphone yang telah mendukung Fast Charging akan terbantu dengan hal ini.

Bukan hanya itu, Asus ZenPower juga memilih daya input sampai 2A jadi jika kalian mengatakan bahwa mengisi power bank ini lama karena kapasitasnya begitu besar mungkin dengan waktu 3 - 4 jam Asus ZenPower terisi dengan penuh dan bisa digunakan oleh 1 - 3 smartphone yang kamu miliki.

Datang dengan keamanan ekstra

Harga yang begitu mahal juga pasti dibalas dengan fitur yang ekstra seperti keamanan, Asus juga melakukan hal tersebut dan mendatangkan keamanan ekstra sehingga membuat smartphone yang kita miliki selalu aman dari bayang-bayang rusak gara-gara Power Bank.

Beberapa fitur tersebut yaitu :

  1. Temperature Protection
  2. Short Circuit Protection
  3. Reset Protection
  4. Input Over Voltage Protection
  5. Output Over Voltage Protection
  6. Over Charge / Over Discharge Protection
  7. Output Over Current Protection
  8. Cell PTC Protection

ZenPower juga dilindungi dengan JEITA atau satpam dari suhu ruangan didalam Power Bank, ini mungkin sangat membantu untuk meningkatkan umur baterai karena panas. namun dia dapat menyesuaikan arus daya isi ulang yang terjadi pada Power Bank ke smartphone atau Arus Charger ke Power Bank.

Hasil Test ZenPower

Kali ini saya ingin mencoba test menggunakan device saya bernama Asus ZenFone C, hasil test ini dilakukan pada saat device Asus ZenFone C memiliki kapasitas baterai 0% atau tidak terisi bahkan tidak bisa menyala saat ingin dihidupkan :D, bukan hanya itu saya juga mengetest seberapa cepat pengisian kapasitas baterai pada ZenPower dengan menggunakan charger Asus ZenFone C berikut adalah hasilnya.

Powerbank to Zenfone C

Dengan kondisi baterai 0% dan dicharge pada saat kondisi mati atau pada saat belum melakukan booting ke sistem operasi Android, lama pengisian baterai dari Power Bank ke ZenFone C adalah 30 menit sampai 1 jam. namun itu dalam keadaan mati namun jika dalam keadaan standby maka durasinya bisa mencapai 45 Menit - 2 Jam. namun durasi ini hanyalah perkiraan karena terdapat banyak faktor yang membuat smartphone sedikit lebih lama dalam mengisi baterai seperti banyaknya prosess app background dan lain sebagainya.

Pengisian baterai ZenPower

Dalam test ini saya menggunakan kepala charger Asus Zenfone C dengan daya output 1.3A dan hasilnya juga memuaskan dibanding Power Bank lainnya yang saya punya dengan kapasitas yang lebih kecil.

Pengisian baterai ZenPower ini dilakukan pada saat baterai ZenPower sudah habis atau 0%, dengan waktu 3 - 4 jam ZenPower bisa terisi dengan cepat berbeda dengan yang lain membutuhkan waktu 5 jam padahal kapasitas baterainya lebih kecil dari ZenPower.

Nilai : 4.5/5

Untuk nilai yang saya berikan ada 4.5 karena sudah cukup bahkan lebih dari penggunaan biasa karena saya sendiri tidak terlalu membutuhkan charger untuk mengisi daya karena keperluan saya menggunakan smartphone hanya untuk menelpon dan SMS. namun kenapa tidak memberikan nilai 5 ?. karena kabel USB yang diberikan sangat pendek, bahkan terlalu pendeknya membuat saya kerepotan jika mengangkat telepon dalam keadaan mengisi daya menggunakan ZenPower.