Modem merupakan salah satu perangkat yang tidak bisa dilepaskan hubungannya dari internet, karena jika tidak ada modem maka kalian mungkin mencari sinyal Wi-Fi untuk mengakses internet. tahun ini para pengguna internet di Indonesia sangat merasa senang dengan kehadiran teknologi 4G LTE (Long Term Evolution), katanya operator yang sudah menerapkan teknologi ini pada jaringannya akan membuat koneksi data internet 30x lebih cepat dari 3G atau HSDPA sekalipun.

Ada yang harus kalian ketahui tentang 4G ini yaitu biayanya yang sangat mahal dan jaringannya belum merata di Indonesia dan direncanakan akan merata akhir tahun nanti dan pertanyaannya kenapa mahal ?, alasan paling simplenya adalah kecepatan internet 4G itu cepet dan secara otomatis kuota juga akan cepet habis.

Luar biasa bukan ?, saking cepetnya bensin untuk kita berkendara juga cepat habis. nah adakah provider yang memberikan layanan yang murah tapi sudah mendukung konektivitas 4G ?, mungkin dibenak saya hanya ada satu yaitu Smartfren yang merupakan operator sekaligus provider pemain lama yang menggunakan teknologi CDMA untuk melayani pelanggannya.

Smartfren sudah 4G

Sempat ada teman yang bertanya kepada saya "memang bener smartfren sudah bisa 4G ?", mungkin pertanyaannya adalah bisa namun disana ada syarat dan ketentuan berlaku :D. Syaratnya adalah kartu yang lama harus diganti dengan kartu yang baru karena SIM Cardnya berbeda nah ketentuannya adalah perangkat yang harus digunakan sudah mendukung 4G.

Jadi bagi kamu yang menggunakan modem smartfren yang masih menggunakan teknologi EVDO Rev A maupun Rev B, maka segeralah ganti dengan modem yang baru karena dukungan support modem yang baru sangat baik daripada yang lama.

Perkenalkan Andromax M2P

[caption id="attachment_2088" align="alignnone" width="640"]Box smartfren andromax M2P Box smartfren andromax M2P[/caption]

Agar pengguna laptop atau PC juga kebagian teknologi 4G ini, smartfren mengeluarkan sebuah produk yang bernama Andromax seri M2 yang pada seri tersebut terdapat dua varian yaitu Andromax M2P dan Andromax M2Y.

Sebenarnya harga kedua modem tersebut sama akan tetapi yang membedakannya hanyalah kapasitas baterai dan fitur Internal Storage yang hanya tersedia di Andromax M2Y, namun kenapa saya memilih M2P daripada M2Y ?.

Karena memang saya tidak membutuhkan itu dan lebih sering menggunakan internet selama 8 jam, jadi kalau misalnya saya membeli M2Y ya agak kasihan karena kapasitas baterainya besar jadi saya cari yang kecil agar gak mubadzir pas dipake.

Spesifikasi Andromax M2P

Agar kalian tidak ragu dalam membeli perangkat ini saya sertakan spesifikasi agar kalian mengetahui seberapa kuat dan tahan modem andromax M2P digunakan :

• Mini Router 4G LTE TDD2.300 Mhz dan LTE FDD 850 Mhz
• Smartfren 4G LTE SIM Card
• LTE Cat4 Modem capability
• Shareble up to 32 users
• Huawai HiLink Apps for user frienly UI(Available for Android & IOS)
• Kasitas Baterai 1.500 mah

Andromax M2P ini diklaim memiliki konektivitas yang kuat karena berkat teknologi 4G Advanced LTE yang fungsinya untuk menggabungkan frekuensi 2.300 MHz dan 850 MHz menjadi satu agar kecepatan internet yang didapat menjadi optimal.

Masalah kestabilan jaringan adalah salah satu hantu yang mengganggu seluruh provider di Indonesia, Smartfren belum menjamin bahwa layanan internetnya belum begitu stabil namun mereka memiliki komitmen untuk menjadi provider internet yang terbaik.

Ada apa didalam BOX ?

[caption id="attachment_2089" align="alignnone" width="640"]Isi dalam BOX Andromax M2P Isi dalam BOX Andromax M2P[/caption]

Didalam BOXnya sendiri terdapat berbagai macam benda diantaranya :

  1. Charger dengan daya output 1 Ampere
  2. Kabel USB (berguna untuk pengguna PC yang tidak memiliki WiFi)
  3. Beberapa buku panduan
  4. Kartu Garansi
  5. Kartu Perdana

Khusus bagi kalian yang tidak suka membaca buku panduan, mungkin jika kalian membeli produk ini sangat saya sarankan untuk dibaca terlebih dahulu buku panduannya. Bukan karena untuk menghargai siapa yang membuat buku tersebut, namun memang ada beberapa yang mungkin para pemilik modem biasa tidak diketahui pada modem WiFi ini.

Atur SSID terlebih dahulu

admin-smartfren-m2p

Nah bagi kalian ingin menggunakannya pastikan kalian mengatur SSIDnya terlebih dahulu, namun sebelum terkoneksi kedalam jaringan WiFi. perlu diketahui bahwa SSID default pada perangkat ini adalah Andromax-M2P dengan password yang telah tertulis dibagian cover penutup modem Andromax M2P ini.

Jika kalian sudah menemukannya dan sudah terhubung, silahkan masuk halaman yang beralamatkan http://192.168.8.1 atau http://www.andromax.m2p (jika terhubung dengan USB). setelah itu lakukan langkah dibawah ini :

  1. Klik menu Pengaturan
  2. Cari menu WLAN dan pilih Pengaturan Dasar WLAN

Disana terdapat form yang berisikan SSID, Security Type, Password dan pengaturan siaran SSID. Jika kalian ingin mengubahnya, pastikan seluruh data yang diinput sudah benar jika terdapat kesalahan maka resiko ditanggung pemilik.

Test Koneksi

Nahh menurut hasil test koneksi yang saya lakukan, saya memperoleh hasil yang cukup membuat saya merasa tidak salah untuk memilih modem ini.

Dari hasil speed test dengan Server yang tidak jauh berbeda, saya akui memang Speed Test Smartfren sangat tinggi ya meskipun itu tidak seberapa namun jika dibandingkan dengan provider lain mungkin smartfren masih kurang dalam hal kecepatan.

Hasil pingtest menunjukkan bahwa smartfren memang belum begitu stabil, mungkin karena faktor lokasi dan cuaca hasil pengujian dengan server yang hampir berdekatan itu menyatakan agak buruk namun ini sudah bagus jika dibandingkan dengan modem smartfren lainnya.

Untuk masalah buffering sudah dipastikan tidak akan ada yang bertanya karena dengan kecepatan tersebut seharusnya kita bisa menikmati video tanpa buffer meskipun itu adalah Live Streaming, namun tetap kuota masih ditanggung oleh pemilik modem.

Benefit saat pertama kali mencoba

Ada yang menarik saat saya menggunakan modem Andromax M2P ini, pertama bonus kuota yang tidak pernah habis selama sebulan padahal itu sudah dihabiskan dengan mendownload berbagai macam file dan live streaming selama berjam-jam.

Ya mungkin ini adalah kebetulan atau memang ada kerusakan dalam sistem, namun jika ini tidak terjadi maka kalian hanya mendapat bonus kuota 4,5 GB akan tetapi saya sudah menggunakan banyak data sampai - sampai jika total menembus angka 50GB lebih :o.

Mungkin sekian review dari saya, mohon maaf ini saya tidak bisa membuat videonya karena ini adalah barang yang saya beli sekitar sebulan yang lalu dan akhirnya saya tidak bisa membuatnya karena situasi cahaya yang tidak mencukup.

Terima kasih sudah mau membaca review saya, jangan lupa ratenya dan pastikan kamu sudah memutuskan untuk membelinya atau tidak.